Memahami Tipe Kulit Kombinasi

Memahami Tipe Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi sesuai dengan namanya adalah kulit yang memiliki campuran dari dua tipe kulit, kondisi yang paling umum adalah memiliki kulit kering di beberapa area muka dan kulit berminyak di daerah muka yang lain.

Banyak yang keliru dan mengira bahwa mereka memiliki kulit berminyak padahal tipe kulit mereka adalah tipe kombinasi. Kecuali kulit seseorang berminyak di semua area maka besar kemungkinannya akan ada porsi area kulit mereka yang kering atau normal, yang mana ini adalah indikasi bahwa mereka memiliki kulit kombinasi. Hal ini disebabkan perbedaan tingkat produksi minyak kulit di beberapa area wajah.

Ciri kulit berminyak yang mudah dikenali antara lain:

  • Daerah T-Zone (kening, dagu dan hidung) yang berminyak
  • Wilayah pipi yang kering dan sensitif
  • Jerawat yang hanya muncul di daeraeh kening, dagu dan hidung
  • Kulit pipi yang sensitif
  • Pori wajah yang membesar dan memiliki sumbatan

Cara Merawat kulit kombinasi

Bagi yang memiliki kulit kombinasi sering kali menemukan bahwa perawatan dengan bahan yang keras, seperti benzoyl peroxide dapat mengeringkan area wajah secara berlebihan dan memicu lebih banyak produksi sebum di daerah wajah yang berminyak. Untuk kulit kombinasi sangat disarankan untuk menghindari pemakaian produk perawatan wajah dengan bahan aktif yang keras.

Area wajah yang kering lebih mudah menjadi iritasi bila bersentuhan dengan bahan-bahan tertentu, terutama bahan pewangi sintetis yang seringkali ditambahkan ke produk perawatan wajah. Dianjurkan untuk memakai produk dengan bahan alami seperti bahan aktif yang terdapat pada SolAcne Day Cream yang dirancang untuk melembabkan dan melindungi kulit wajah.

Exfoliasi juga merupakan perawatan kunci untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi. Sel kulit mati di bagian kering wajah dapat terangkat dan pori-pori wajah yang tersumbat dapat dibuka dan bernafas dengan exfoliasi.


Penyebab kulit kombinasi

Bagian kulit yang berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih, sedangkan bagian wajah yang kering disebabkan justru karena produksi sebum yang sedikit dan kurangnya distribusi lipid di area tersebut.

Akan tetapi faktor seperti apa yang punya peran dominan bagi kulit kombinasi? Faktor keturunan atau genetik merupakan salah satu penyebabnya. Jika orang tua atau anggota keluarga lainnya memiliki kulit kombinasi besar kemungkinannya bahwa anda akan memiliki kulit kombinasi juga. 

Salah satu faktor yang lain adalahnya pengaruh dari produk wajah yang digunakan. Seringkali produk dengan bahan aktif yang keras dapat menyebabkan perubahan pada kulit wajah dan memicu produksi sebum berlebih pada bagian T-Zone wajah. 

Iklim di mana anda tinggal juga memiliki peranan. Anda mungkin pernah melihat perubahan pada wajah anda di iklim tertentu, seperti misalnya: kulit anda jadi lebih berminyak di waktu musim kering dan terasa sangat kering di daerah dengan suhu dingin.


Kalau anda memiliki kulit kombinasi, silahkan diintip tips perawatan ini:

  • Gunakan pembersih khusus wajah. Bagi yang memiliki kulit kombinasi maka pori-pori di area T wajah akan lebih besar dibandingkan area lain dan produk yang keras dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Pilihlah pembersih wajah yang lembut untuk mengurangi tersumbatnya pori-pori wajah.
  • Exfoliasi secara berkala dengan bahan exfoliasi yang lembut. Hindari mengeksfoliasi setiap hari, tindakan ini dapat menghilangkan minyak alami wajah secara berlebih. Penting juga untuk menghindari gerakan exfoliasi berlebih atau kasar di daerah T wajah karena tindakan ini dapat merusak lapisan kulit wajah yang sehat.
  • Pakai tabir surya. Tabir surya dengan tingkat SPF yang cukup adalah produk wajib yang kamu aplikasikan ketika keluar rumah. Jangan lupa pilih tabir surya bebas minyak kalau kamu memiliki kulit kombinasi.
  • Miliki dua rutinitas perawatan kulit. Produk yang efektif untuk kulit kering akan tidak cocok bila dipakai untuk daerah kulit yang berminyak. Lakukan perawatan berbeda untuk daerah T wajahmu, jangan gunakan produk yang sama untuk daerah T wajah pada bagian yang kering.
  • Gunakan produk perawatan yang bebas minyak. Hindari tersumbatnya daerah berminyak wajahmu dengan menggunakan produk yang bebas minyak.

Kulit kombinasi merupakan tipe kulit yang paling umum akan tetapi seringkali sulit diidentifikasi dan dirawat. Daerah T wajah cenderung memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif daripada bagian lain wajah seperti pipi. Memiliki kulit kombinasi berarti kamu harus menemukan perawatan wajah rutin sempurna yang dapat mengakomodasi kebutuhan area yang berbeda di wajah anda.

SolAcne merupakan pilihan yang paling pas jika anda memiliki kulit tipe kombinasi. Day Cream dari SolAcne cocok banget untuk kulit kombinasi karena dapat melembabkan wajah tanpa memiliki efek berminyak sehingga sempurna untuk pemilik kulit kombinasi.


Newer post